Senin, Juni 4

Bagaimana Cara Kerja Google dan Mesin Pencari Lainnya?

SEO 2018

Bagaimana Cara Kerja Google dan Mesin Pencari Lainnya?Google dan mesin pencari lainnya bekerja dengan melalui 3 tahapan, yaitu:

  1. Perayapan
  2. Pengindeksan, dan
  3. Penyajian hasil pencarian
Untuk poin pertama dan kedua google dan search engine lainnya mengandalkan apa yang disebut robot. Sedangkan untuk poin yang ketiga mereka menggunakan serangkaian algoritma untuk melakukannya. Anda perlu mengenal apa itu robot dan apa itu algoritma....


Apa itu Robot Search Engine?

Robot search engine adalah program yang dibuat untuk membuka halaman website, merayapi semua isi halaman web tersebut, mengambil data, membuka semua link pada halaman web tersebut, dan mengulangi semua proses ini pada halaman web yang dibuka melalui link-link tadi.

Kurang lebih cara kerja search engine itu sama saat anda membuka sebuah halaman website dan membacanya lalu mengklik link-link lain pada halaman itu untuk membaca halaman-halaman yang lainnya. Bedanya adalah Google melakukannya dengan menggunakan Googlebot yang merupakan sekumpulan besar set komputer yang melakukannya dalam kecepatan yang jutaan kali kecepatan anda.

Kenapa diperlukan Perayapan?

Perayapan itu maksudnya Googlebot mengunjungi semua halaman website yang bisa dikunjungi, dan tujuannya adalah mengumpulkan data halaman-halaman tersebut ke sistem index Google. Data di dalam index inilah yang dihidangkan saat kita melakukan pencarian.

Jadi untuk memastikan halaman web anda masuk dalam daftar hasil pencarian Google, maka halaman web itu harus masuk dalam index.... dan untuk masuk dalam index anda harus memastikan halaman web anda bisa dirayapi oleh Google. 

Cara terbaik untuk memastikan itu adalah mempunyai banyak link dari halaman-halaman yang sudah terindex yang merujuk ke halaman web anda. Link-link dari website lain yang menuju ke halaman web anda ini biasa disebut backlink.

Sebelum anda mencari banyak link untuk memastikan perayapan, maka terlebih dahulu anda harus memastikan halaman web anda bisa dirayapi. Percuma saja banyak backlink jika halaman anda tidak bisa dirayapi. 

Untuk yang satu ini anda bisa mencoba fitur Google Webmaster Tools, yaitu Fetch As Google.

Sebelum melakukan fetch, tentunya website anda harus sudah terhubung ke webmaster tools. Bagi pengguna blogspot tidak perlu repot, karena blogspot sudah terhubung otomatis dengan webmaster tools dari google. Yang perlu melaporkan websitenya ke google webmaster tools adalah yang mempunyai website di luar produk google.


ALGORITMA GOOGLE

Ini adalah bagian terpenting dari belajar SEO. Saat ini ada 3 Algoritma yang menjadi fokus utama dalam melakukan search engine optimization, yaitu:
  • Hummingbird
  • Panda
  • Penguin
Algoritma hummingbird inilah yang menilai relevansi halaman website kita dengan kata kunci yang kita targetkan. Halaman yang dinilai oleh hummingbird adalah halaman-halaman web yang sudah lolos penilaian algoritma panda dan algoritma penguin. Di mana panda menilai kesegaran dan unsur spam dari onpage sebuah halaman web, sedangkan penguin menilai karakteristik dari backlink yang diperoleh oleh sebuah halaman website.

Artikel asli : http://trikmudahseo.blogspot.com/
Disqus Codes
  • To write a bold letter please use or
  • To write a italic letter please use or
  • To write a underline letter please use
  • To write a strikethrought letter please use
  • To write HTML code, please use or
    or

    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Berlangganan Artikel Gratis